Manfaatkan Kelebihan Paket Solar Panel Untuk Rumah

Posted by

Paket solar panel untuk rumah menjadi salah satu tren pada pembangunan rumah. Dengan memaksimalkan cahaya matahari Anda bisa turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Apa kelebihan yang bisa didapatkan dari menggunakan panel surya?

Kelebihan paket solar panel untuk rumah

Mungkin ada sebagian dari Anda yang ingin menggunakan panel surya tapi masih merasa ragu karena beberapa pertimbangan. Apalagi sudah terbiasa dengan energi konvensional sehingga Anda perlu beradaptasi terhadap hal baru yang belum pernah dilakukan. Meski tidak mudah namun menggunakan panel surya bisa lebih menghemat tagihan listrik.

Tidak hanya ramah lingkungan Anda tidak lagi perlu memusingkan biaya listrik yang membengkak tiap akhir bulannya. Tentunya Anda bisa lebih mengatur pengeluaran listrik dan mengalokasikannya ke kebutuhan lainnya.

Panel surya bisa dipasang di segala iklim termasuk Indonesia yang beriklim tropis. Semakin panas terik suatu wilayah maka panel surya dapat bekerja lebih maksimal. Tidak perlu khawatir ketika datang musim hujan karena panel surya masih menyimpan energi matahari meski pencahayaannya minim.

Cadangan energi surya yang tersimpan di panel masih bisa digunakan sebagai sumber listrik di rumah. Anda tidak akan bingung saat mati lampu Anda tetap bisa mengoperasikan peralatan elektronik sampai listrik kembali menyala. 

Meski biaya listrik lebih terjangkau sayangnya biaya pasang paket solar panel untuk rumah dinilai masih mahal. Tidak heran jika banyak orang yang masih enggan beralih dari energi konvensional ke energi ramah lingkungan panel surya.

Salah satu penyebab tingginya biaya perangkat dan pemasangan panel surya karena masih terbatasnya industri pembangkit listrik tenaga surya di tanah air. Material solar cell juga masih didatangkan dari luar negeri sehingga mempengaruhi harga jual saat masuk ke Indonesia.

Apakah perlu mengganti atap rumah saat akan memasang panel surya? Jika Anda sudah memiliki model atap bangunan dengan kemiringan tertentu maka tidak perlu lagi untuk menggantinya. 

Kebanyakan atap rumah di Indonesia sudah berbentuk miring jadi memungkinkan proses pemasangan panel surya. Panel surya membutuhkan kemiringan atap agar dapat proses menyerap sinar matahari dapat lebih optimal. Apabila model atap rumah Anda masih belum memenuhi ketentuan pemasangan maka Anda perlu merubah bentuk atap.

Hal terpenting ketika Anda ingin memasang panel surya adalah harus dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Pemasangan yang tidak tepat tentunya akan mempengaruhi masa pakai panel surya.

Anda perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional tentang kebutuhan panel surya di rumah. Setelah berkonsultasi biasanya tenaga pemasangan akan melakukan survei dan membuat desain rencana pemasangan. Tentunya desain instalasi panel surya harus berdasarkan persetujuan Anda baru kemudian tim bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

Biasanya dengan menggunakan tenaga profesional paket solar panel untuk rumah Anda juga akan mendapatkan layanan pemantauan dan perawatan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *