Perbedaan Gas Griddle Dan Alat Panggang Arang

Posted by

Saat ini, griddle gas menjadi salah satu alat masak yang cukup populer. Gas griddle merupakan alat panggang yang umumnya terbuat dari material stainless steel tahan karat dan teruji food grade. Lalu, apa yang membedakan panggangan ini dengan panggangan arang konvensional? Berikut penjelasannya.

Temperatur

Perbedaan pertama adalah temperatur panas yang dihasilkan. Gas griddle bisa mencapai temperatur hingga 315 derajat Celcius, sedangkan panggangan arang mencapai 2 kali lipat, yaitu sekitar 648 derajat Celcius. Namun, gas griddle dilengkapi dengan pengatur suhu yang bisa dengan mudah Anda sesuaikan.

Dengan fitur pengatur suhu tersebut, Anda bisa menentukan tingkat kematangan masakan Anda dengan lebih mudah. Sedangkan untuk panggangan arang, Anda harus mengira-ngira seberapa banyak arang yang harus digunakan. Anda pun perlu menambah atau mengurangi arang secara manual jika dirasa temperatur panas yang dibutuhkan tidak sesuai.

Hasil Panggangan

Baik gas griddle dan panggangan arang dapat menghasilkan masakan yang lezat. Namun, memanggang dengan panggangan arang lebih berisiko gosong karena masakan dipanggang langsung dengan api dari arang. Sedangkan masakan yang dipanggang dengan gas griddle memiliki tekstur dan cita rasa yang lebih pekat.

Hal ini karena gas griddle menggunakan sistem perpindahan panas konduksi, sehingga panas yang dihasilkan bisa dikontrol dengan lebih baik. Namun, panggangan arang mampu menghasilkan aroma smokey yang lezat dan lebih kuat daripada gas griddle.

Waktu Pemanasan

Gas griddle memerlukan waktu pemanasan yang lebih cepat, yaitu hanya sekitar 10 menit. Anda hanya perlu menekan tombol untuk menyalakan panggangan dan mengatur suhu panasnya. Sedangkan panggangan arang memerlukan waktu pemanasan yang lebih lama. Anda perlu menunggu sekitar 15 menit hingga 20 menit sebelum bisa memanggang bahan masakan Anda.

Tips Memilih Panggangan

  • Indoor atau Outdoor

Ketahui di mana Anda akan meletakkan atau sering menggunakan alat panggang. Jika Anda ingin meletakkan panggangan di dalam ruangan, gas griddle lebih cocok karena tidak mengeluarkan asap. Sedangkan jika Anda lebih sering menyelenggarakan pesta barbeque bersama teman-teman di luar ruangan, panggangan arang bisa menjadi pilihan.

  • Perhatikan Fitur-Fiturnya

Saat akan membeli panggangan, perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan. Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengoperasikan alat panggang tersebut. Baik gas griddle atau panggangan arang, perhatikan luas area panggangan. Pastikan area panggangan cukup luas untuk memuat banyak bahan makanan.

Jika Anda hendak memilih gas griddle, perhatikan fitur pengatur suhunya. Ketahui berapa tingkat panasnya sehingga Anda bisa dengan lebih mudah mengendalikan panas alat panggangan tersebut.

  • Merk

Anda mungkin ingin memperhatikan brand atau merk dari panggangan yang ingin Anda beli. Panggangan dari merk terkenal mungkin lebih terjamin kualitasnya dan memiliki garansi resmi sebagai perlindungan tambahan.

Itu tadi adalah perbedaan panggangan arang dan griddle gas. Anda ingin beli yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *