Mengenal Besi Wiremesh Dalam Dunia Konstruksi Bangunan

Posted by

Jual wiremesh sejatinya sangat umum dan juga sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Mungkin, anda juga pernah melihat besi jenis ini hanya saja tidak tahu sebutannya. Besi ini juga menjadi salah satu komponen yang cukup vital dan karena bisa diaplikasikan untuk berbagai hal dengan kebutuhan yang berbeda – beda.

Lantas, bagi anda yang masih cukup awam dengan besi wiremesh, sebenarnya apa sih besi ini dan bagaimana pemanfaatanya? Berikut beberapa ulasannya untuk anda.

Apa Itu Besi Wiremesh

Pernahkah anda melihat banyaknya besi yang saling terkait membentang sebelum proses pengecoran sebuah rumah ataupun dak? Itulah yang disebut dengan besi wiremesh. Merupakan rangkaian besi yang terbuat dari logam dan berbentuk seperti jaring – jaring.

Besi ini digunakan sebagai rangka atau tulang agar bangunan menjadi lebih kuat dan struktur bangunannya juga kokoh. Penggunaannya pun juga cukup beragam. Yang memang umumnya ditemukan digunakan untuk pengecoran lantai di rumah.

Fungsi Besi Wiremesh

Fungsi besi ini sangatlah krusial dalam konstruksi bangunan. Bayangkan saja jika anda membangun rumah beberapa lantai dan tidak menggunakan besi jenis ini, akan dipastikan pula rumah anda cepat roboh. Lalu, apa sih fungsi dari penggunaan besi ini untuk konstruksi bangunan? Berikut informasinya.

  1. Sebagai Penguat Bangunan

Wiremesh ditempatkan di dalam sebelum proses pengecoran. Artinya, wiremesh ini digunakan sebagai rangka atau tulang dalam konstruksi bangunan sebagai penguat bangunan. Karena wiremesh ini akan memberikan kekuatan pada bangunan dan membantu mencegah keretakan.

  1. Penguat Jalan

Selain digunakan sebagai bahan penguat untuk bangunan rumah, wiremesh juga digunakan sebagai bahan konstruksi pembuatan jalan. Karena daya kekuatannya yang sangat baik, besi jenis ini memang sering sekali dan kegunaanya cukup vital digunakan sebagai bahan pengecoran jalan raya seperti tol layang.

  1. Sebagai Plat Beton Menggantung

Fungsi lain dari wiremesh adalah bisa digunakan sebagai plat beton menggantung. Plat beton menggantung ini umumnya bisa dijumpai dalam pembangunan skala besar seperti bangunan bertingkat tinggi ataupun juga bisa digunakan sebagai saluran air pembuangan air hujan.

Keunggulan Penggunaan Besi Wiremesh

Ada banyak keunggulan menggunakan wiremesh sebagai konstruksi bangunan untuk rumah anda antara lain :

  • Wiremesh mudah untuk dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek bangunan
  • Dilihat dari harganya cukup ekonomis dengan ketahanan dan kekuatan yang baik daripada menggunakan bondek
  • Mampu meningkatkan kekuatan dan kekokohan bangunan dengan baik
  • Daripada menggunakan besi beton, menggunakan wiremesh tentu akan lebih cepat dalam pengiriman barang karena bentuknya yang bisa digulung
  • Jika anda menggunakan jenis wiremesh lembaran, maka proses pengerjaan konstruksi bangunan akan lebih cepat karena anda bisa langsung menggelarnya tanpa harus merakitnya satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *