Cetak Buku Murah: 3 Jenis Kertas untuk Isi dalam Buku

Posted by

Selain desain sampul dan layout, jenis kertas juga harus dipertimbangkan ketika cetak buku murah. Kertas yang digunakan untuk isi buku sangatlah beragam dengan harga yang berbeda-beda per lembarnya. Kualitas dari masing-masing bahan kertas pun tidaklah sama.

Makin mahal harganya, maka makin bagus pula kualitas kertasnya. Berikut ini beberapa pilihan kertas yang dapat Anda Pilih ketika mencetak buku.

Jenis-jenis Kertas untuk Isi Buku

Kertas yang digunakan untuk isi buku akan mempengaruhi kenyamanan pembaca dalam membaca buku yang Anda cetak. Oleh karenanya, pertimbangkan matang-matang kertas yang Anda pilih supaya pembaca makin betah.

  • Kertas HVS

Jenis kertas yang pertama dan sering digunakan untuk isi buku adalah kertas HVS. Kertas jenis ini memiliki daya tarik tersendiri karena harganya memang lebih terjangkau. Kertas HVS umumnya digunakan pada buku tulis pelajaran.

Ciri khas kertas HVS adalah warnanya yang putih bersih, sehingga tidak terlalu buram di mata ketika membaca. Selain itu, kertas ini juga tidak terlalu tipis.

  • Kertas Art Paper

Kertas art paper juga kerap digunakan untuk cetak buku murah. Secara kualitas, kertas art paper memang lebih bagus dari kertas HVS. Begitupun dengan harganya yang lebih mahal.

Kertas ini juga tidak gampang robek karena tidak terlalu tipis. Selain itu, kertas art paper tidak mudah luntur apabila terkena air, sehingga lebih aman.

  • Kertas Book Paper

Selanjutnya ada kertas book paper yang memiliki warna high krem. Jika dibandingkan dengan kertas HVS, kertas book paper memiliki bobot yang lebih ringan. Umumnya, kertas book paper ini digunakan untuk mencetak buku pelajaran, buku bacaan, maupun novel.

Nah, demikian tadi tiga jenis kertas yang biasanya digunakan untuk isian buku. Beda jenis kertasnya, maka beda pula kualitas dan harganya. Oleh sebab itu, sebelum cetak buku murah, carilah informasi terkait harga masing-masing kertas. 

Sebab harga kertas juga akan mempengaruhi anggaran Anda secara keseluruhan saat mencetak buku. Selain disesuaikan dengan anggaran yang ada, pertimbangkan pula tingkat kenyamanannya untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *