4 Kriteria Panel Surya Untuk Rumah Yang Baik

Posted by

Panel surya untuk rumah menjadi energi penghasil listrik yang tepat untuk hunian. Panel surya ini adalah investasi jangka panjang untuk hunian dan bangunan. Anda bisa memperhatikan beberapa kriteria dibawah ini untuk memilih panel surya terbaik bagi rumah Anda. 

  1. Harga Panel Surya 

Hal pertama yang diperhatikan adalah harga panel surya tersebut. Harga adalah faktor utama yang dipertimbangkan saat membeli panel surya untuk rumah. Harga panel surya ini biasanya bervariasi tergantung variabel dan fiturnya. Kebutuhan panel surya ini juga harus mempertimbangkan energi listrik yang dibutuhkan. Anda bisa mempertimbangkan kapasitas, ukuran, merk, kualitas, daya tahan, dan sertifikasi panel surya tersebut. Semua hal tersebut itu berpengaruh terhadap harga panel surya yang ditawarkan. Pemilihan panel surya ini cukup beresiko sehingga Anda harus memilih panel surya terbaik. Pilihlah panel surya yang mampu bertahan lebih dari 30 tahun dengan harga terbaik. 

  1. Kualitas 

Tak hanya harganya saja yang menjadi kriteria pemilihan panel surya untuk rumah Anda. Kualitas panel surya ini juga erat kaitannya dengan kualitas dan bahan yang dipakai dalam pembuatan panel surya itu sendiri. Ada berbagai jenis panel surya yang diproduksi oleh produsen dengan harga, kualitas, dan efisiensi yang berbeda setiap produknya. Pastikan Anda memilih panel surya yang berkualitas bagus dan tahan lama. Anda bisa memeriksa ulasan dan review dari produsen panel surya tersebut apakah menawarkan panel surya berkualitas atau tidak. 

  1. Suhu 

Kriteria ketiga adalah suhu panel surya itu sendiri. Anda harus mempertimbangkan suhu dan panas yang dihasilkan oleh panel surya tersebut. Hal ini berkaitan dengan efisiensi pemakaian panel surya untuk menghasilkan energi listrik di rumah Anda. Panel surya yang terlampau panas biasanya tidak tahan lama sehingga anda harus menggantinya berkala untuk memastikan kualitasnya. Sebaiknya Anda memilih panel surya dengan suhu panas yang rendah. Suhu rendah akan membuat panel surya jauh lebih awet

  1. Daya Tahan 

Tak hanya suhu dan harganya saja, kriteria lainnya adalah daya tahan dari panel surya untuk rumah itu sendiri. Daya tahan ini adalah indikasi kualitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk panel surya itu sendiri. Panel surya yang bagus dan berkualitas biasanya menawarkan garansi produk lebih dari 25 tahun. Ini berarti Anda tak perlu mengganti panel surya untuk rumah selama itu. Tentu saja ini akan menghemat budget pembelian panel surya. Bila produsen panel surya tak memberikan garansi lama, maka Anda harus mencari alternatif produk lainnya. Hal ini dikarenakan pihak produsen tidak mampu bertanggung jawab terhadap produk yang dibuat bila terjadi kerusakan. Itulah tadi beberapa hal terkait kriteria panel surya yang baik untuk hunian dan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *