Syarat Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Rumah

Posted by

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mulai melirik dan mencari tahu bagaimana cara menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah. Namun sebelum Anda menggunakannya, ada baiknya jika Anda mengenal aneka syarat yang harus dipenuhi, untuk dapat memasang PLTS tersebut.

Tetap menggunakan meteran pascabayar

Syarat pertama bagi calon pengguna pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah / PLTS, yaitu tetap menggunakan meteran jenis pascabayar. Jadi bagi Anda yang saat ini masih menggunakan jeans meteran prabayar, sebaiknya diubah dahulu, jadi pasca bayar.

Tetap menggunakan kWh meter export – import

Adapun syarat yang kedua, yaitu para calon pelanggan, nantinya tetap menggunakan kWh meter, dengan jenis export –import / EXIM. Tujuannya, untuk mencatat besarnya daya yang digunakan dari aliran listrik pemerintah, dan besaran daya yang di export ke bagian jaringan distribusi.

Atau secara tidak langsung dengan adanya meteran EXIM tersebut, mampu mencatat jumlah daya yang digunakan dan dikirim oleh aliran listrik dari pemerintah, sera dari panel surya.

Kapasitas maksimal PLTS

Syarat berikutnya, yaitu harus mengikuti aturan besar daya PLTS yang ada. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menentukannya sendiri, namun harus memperhatikan batasan daya dar PLTS yang akan dipasang.

Anda hanya dapat memasang PLTS di atap tersebut, dengan daya maksimal 100%, dari daya listrik yang tersambung dengan listrik milik pemerintah. Syarat pemasangan PLTS tersebut, tertuang dalam Permen ESDM No.49, pada tahun 2018 pasal 5 ayat 1.

Pahami karakteristik PLTS on grid

Umumnya jenis pembangkit listrik tenaga surya / PLTS akan dipasang di bagian atap rumah adalah PLS dengan tipe on-grid. Tipe yang satu ini, nantinya akan mengkonversi energi panas yang diperoleh dari matahari pada siang hari, jadi energi listrik. Sedangkan pada malam hari, aliran listrik akan menggunakan aliran dari pihak pemerintah.

Apabila aliran yang diperoleh pada siang hari cukup bear, maka sisanya akan disimpan sebagai cadangan.

Kelengkapan administrasi

Selain itu, ada juga syarat kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi. Kelengkapan tersebut, nantinya akan diberikan pada general manager dari PLN setempat. Adapun aneka dokumen yang dimaksud, yaitu :

  1. No ID pelanggan,dan nama pelanggan.
  2. Fotokopi KTP.
  3. Fotokopi NWP.
  4. Sertifikat Laik Operasi / SLO
  5. Single Line Diagram / SLD.

Demikianlah beberapa syarat yang harus Anda penuhi, ketika akan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah. Sebelum memasang panel surya, pastikan Anda mempersiapkan semua syarat yang ada, dan bekerja sama dengan jasa pembuatan PLTS yang berkompeten di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *