4 Keunggulan Menggunakan Panel Tenaga Surya Untuk Rumah

Posted by

Hampir semua aktivitas harian rumah tangga yang kita lakukan membutuhkan aliran listrik. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap tagihan listrik bulanan. Agar lebih hemat, banyak orang mulai beralih menggunakan panel tenaga surya untuk rumah ketimbang listrik dari PLN. Lantas apa saja keunggulan menggunakan panel tenaga surya? Berikut penjelasannya. 

Bisa Digunakan Di Segala Iklim

Panel tenaga surya bisa digunakan untuk segala jenis iklim, termasuk di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Jika musim hujan tiba, panel surya juga bisa menghasilkan energi listrik seperti biasanya.

Energi listrik dari cahaya matahari yang telah diserap pada pagi hingga siang hari tetap bisa digunakan pada sore dan malam hari. Hal ini dikarenakan cadangan daya listrik yang sudah tersimpan di dalam baterai. 

Menghemat Tagihan Listrik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa panel tenaga surya memungkinkan Anda dapat menghemat tagihan listrik bulanan. Dengan menggunakan panel tenaga surya, Anda hanya membutuhkan cahaya matahari dan tidak perlu bergantung dengan listrik yang disediakan oleh PLN. 

Ramah Lingkungan

Dengan mengaplikasikan panel tenaga surya untuk rumah, Anda dapat ikut berkontribusi dalam meminimalisir fenomena pemanasan global. Sebab, panel tenaga surya dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan.

Berbeda dengan sumber listrik dari PLN yang berasal dari pembakaran batu bara. Proses pembakaran ini tergolong tidak ramah lingkungan karena dapat membuat suhu panas bumi semakin meningkat.

Biaya Perawatan Minim

Selain dapat menghemat tagihan listrik, Anda juga tidak memerlukan anggaran yang besar untuk perawatan panel tenaga surya. Cukup dengan membersihkan permukaan panel secara berkala, perangkat tersebut bisa berfungsi dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Panel tenaga surya biasanya memiliki masa pakai hingga puluhan tahun. Apabila tidak dirawat dengan baik, masa pakai panel surya mungkin hanya bertahan kurang dari 20 tahun. 

Dengan mengetahui keunggulan panel tenaga surya untuk rumah di atas, Anda tidak perlu ragu untuk segera mengaplikasikannya. Jadi tunggu apa lagi? segera kunjungi supplier panel tenaga surya terdekat dan pilihlah perangkat panel surya dari brand terkemuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *