Cara Sederhana Dalam Perhitungan Panel Surya

Posted by

Panel surya merupakan kumpulan – kumpulan sel surya yang telah tertata rapi sedemikian rupa agar dapat menyerap tenaga surya. Dalam panel surya tersebut terdapat beberapa komponen yang bertugas untuk menyerap sinar matahari. Energy cahaya matahari yang diserap tersebut kemudian berubah menjadi energy listrik. Terdapat cara perhitungan panel surya yang tergolong sederhana guna menghitung kebutuhan daya harian, kW harian, dan banyak panel surya.

Pada umumnya sel surya tersebut terdiri dari silikon yang berfungsi sebagai semikonduktor, metal,  anti reflektif serta strip konduktor metal. Untuk mendapatkan tenaga listrik yang lebih banyak maka dibutuhkan sel panel yang lebih besar pula. Hal ini dikarenakan sel surya lah yang menjadi penyerap tenaga cahaya matahari.

Prinsip Kerja Sel Surya

Dalam menyerap cahaya matahari, sel surya memiliki sifat kerja yang dimulai dengan partikel kecil yang sering disebut dengan Foton. Foton adalah partikel dari sinar matahari yang berukuran sangat kecil. Ketika Foton tersebut memantulkan cahayanya pada atom semikonduktor maka akan dihasilkan energi listrik.

Secara sederhana dapat diketahui bahwa ketika cahaya matahari diserap oleh sel surya maka akan terdapat gerakan antara elektron pada sisi positif dan sisi negative. Hal ini lah yang menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis alat elektronik.

Cara Perhitungan Panel Surya

Terdapat cara menghitung kebutuhan pada panel surya. Cara ini tergolong sederhana, anda hanya perlu mengetahui kebutuhan listrik bulanan yang dapat anda cek di tagihan listrik bulanan anda. Selanjutnya anda dapat memperkirakan penggunaan listrik anda dalam sehari. Berikut cara sederhana yang dapat anda gunakan :

  1. Menghitung kebutuhan daya harian

Misalnya : anda membutuhkan 900 kWh dalam sebulan. Artinya anda membutuhkan 30 kWh dalam sehari energy listrik.

  1. Menghitung kW harian

Umumnya dalam satu hari anda akan membutuhkan waktu 5 jam untuk menyerap tenaga surya dengan menggunakan panel surya. Maka kW harian yang anda butuhkan adalah 30 kWh : 5 jam = 6 kW.

  1. Menghitung banyak panel surya

Berikut rumus yang dapat membantu anda :

  • 7,5 kW = 7.500 kW
  • 500 Wp = 0,50 kW
  • 300 Wp = 0,30 kW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *