Fungsi Dan Tips Memilih Besi CNP

Posted by

Disadari atau tidak, sebenarnya Besi CNP sudah banyak digunakan dalam konstruksi bangunan, sehingga banyak yang melakukan Jual Besi CNP. Hal ini karena memang jenis besi yang satu ini menawarkan banyak sekali keunggulan dan manfaat. Berikut ini adalah fungsi beserta bagaimana cara memilihnya.

Fungsi Dan Manfaat Besi CNP

Seperti yang sudah banyak dikatakan bahwa setiap material yang digunakan pada konstruksi bangunan tentu memiliki fungsi dan kelebihannya masing – masing. Begitu pula dengan Besi CNP ini yang juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Rangka Atap

Fungsi pertama besi ini adalah diterapkan pada rangka atap. Umumnya besi ini dipasang menyerupai bentuk segitiga pada atap bangunan seperti pabrik atau gudang.

  1. Pagar

Berikutnya adalah diterapkan pada pagar. Hal ini cukup masuk akal mengingat sifatnya yang kuat dan kokoh.

Umumnya digunakan pada pagar pembatas bangunan seperti perusahaan, gedung, pabrik ataupun gudang. Karena fungsinya adalah agar tidak mudah dijebol atau dirusak. Sedangkan jika di perumahan mungkin akan sangat jarang digunakan.

  1. Dinding

Besi ini juga diterapkan pada dinding yaitu sebagai penutup dinding. Biasanya besi ini akan dipasang ketika proses konstruksi belum selesai karena memang dari segi kekuatan sangat kokoh namun masih terbilang mudah dan ringan untuk dikerjakan.

  1. Purlin

Fungsi lainnya yaitu diterapkan sebagai purlin atau penutup atap bangunan. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa atap memiliki fungsi yang kompleks yaitu melindungi dari cuaca dan suhu yang ekstrim. Sehingga tentunya harus memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik.

Dan besi ini terbilang kuat dan kokoh. Sehingga ketika diterapkan pada bagian atap akan membuat atap lebih kuat terhadap segala kondisi, baik itu hujan, panas maupun angin.

Keempat fungsi diatas hanyalah sebagian kecil fungsinya saja karena memang masih banyak fungsi lainnya. Namun tentunya apa yang sudah disebutkan diatas sudah cukup menjelaskan bahwa fungsi dan manfaat dari besi berjenis CNP ini sangatlah banyak.

Tips Memilih Besi CNP

Jika berkaitan dengan material konstruksi bangunan, tentunya harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini karena nantinya akan berpengaruh terhadap fungsi dan keawetannya. 

Sama halnya ketika ingin menggunakan Besi CNP pada konstruksi bangunan, tentunya harus sesuai dengan standar dan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih Besi CNP yang tepat.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Tips pertama dalam memilih besi berjenis CNP adalah menyesuaikan kebutuhan. Setiap orang pastinya memiliki tujuan yang berbeda mengapa ingin menggunakan besi ini.

Apalagi jenis atau variasinya sangatlah banyak. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih manakah yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Bandingkan Kualitas

Pertimbangan kedua dalam memilih besi berjenis CNP ini adalah mempertimbangkan kualitas. Dipasaran sendiri jenisnya sangat banyak atau bervariasi.

Hal inilah yang menjadi PR anda agar bisa membedakan setiap kualitasnya. Lakukan perbandingan kualitas dari masing – masing jenis yang anda temukan, kemudian pilih yang menawarkan kualitas terbaik.

  1. Lakukan Survey Harga

Selain variasi jenis, besi ini juga menawarkan variasi harga yang berbeda. Sehingga pastikan anda memilih yang memang sesuai dengan budget yang ada. Namun tentu saja tetap mengutamakan fungsi dan kualitasnya.

  1. Beli Ditempat Terpercaya

Tips terakhir yaitu membeli di tempat terpercaya agar bisa mendapatkan kualitas terbaik.

Dengan menerapkan keempat diatas, maka bisa membantu anda dalam memilih besi dengan kualitas yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *