Cara Merawat Gigi Tiruan Lengkap Dengan Harga Gigi Tiruan Lepasan

Posted by

Bagi anda pengguna gigi tiruan atau gigi palsu, wajib untuk mengetahui cara merawat gigi tiruan yang baik dan benar. Berdasarkan jenisnya gigi tiruan memiliki dua jenis dengan perbedaan harga yang jauh berbeda. Untuk harga gigi tiruan lepasan memiliki harga sekitar 1 jutaan, sedangkan untuk gigi permanen mulai dari 8 juta.

Perawatan gigi tiruan

Untuk merawat gigi tiruan lepasan dengan permanen memiliki sedikit perbedaan. Jika gigi lepasan memiliki kelebihan dapat dilepas pasang sendiri, berbeda dengan gigi permanen yang tidak dapat di lepas sendiri. Ditambah dengan harga gigi tiruan lepasan yang lebih murah.

Bagaimana perawatan gigi tiruan lepasan yang baik agar tidak menimbulkan bau mulut? Berikut penjelasannya:

  1. Pembersihan rutin

Penggunaan gigi lepasan yang dapat dilepas dengan mudah, membuat sedikit celah pada area gusi dan gigi. Sehingga memungkinkan sisa kotoran makanan yang bersarang. Penting untuk melakukan pembersihan pada gigi lepasan agar tidak ada kotoran yang tertinggal

  1. Rendam gigi palsu

Gigi palsu memiliki sifat yang dapat bertahan di area lembab yakni di dalam mulut. Sehingga ketika gigi dilepas, penting untuk meletakkannya di rendaman air. Dan waktu yang tepat adalah ketika malam hari saat tidur untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang pada gigi palsu.

  1. Jaga kebersihan mulut

Tidak hanya gigi tiruan yang harus dibersihkan, area mulut juga harus terus diperhatikan kebersihannya.

  1. Periksa dokter gigi rutin

Selalu lakukan check-up ke dokter gigi agar gigi tetap dalam keadaan baik, dan tidak mengganggu aktivitas area mulut dan gigi.

Dalam penggunaannya, gigi tiruan memiliki indikasi dan kontraindikasi. Berdasarkan jurnal kesehatan tentang indikasi dan kontraindikasi gigi tiruan lengkap pdf, untuk indikasi penggunaan gigi tiruan non logam sangat cocok digunakan untuk pasien alergi logam dan untuk keperluan estetika.

Meskipun harga gigi tiruan lepasan lebih murah dibandingkan permanen, hal tersebut tidak membuat fungsi keduanya berbeda.konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi anda, sebelum menentukan penggunaan gigi tiruan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *