Yuk, Kenali 4 Masalah pada Solar Panel Listrik Rumah!

Posted by

Solar panel adalah sebuah alat yang tersusun dari sel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi listrik. Kelebihan panel surya penggunaan solar panel dapat mengurangi penggunaan listrik konvensional hingga mewujudkan rumah teknologi canggih yang ramah lingkungan. 

Selain kegunaannya yang beragam, Anda juga perlu mengetahui potensi masalah atau kerusakan yang akan muncul di masa depan mengingat penggunaan panel surya dalam jangka panjang. Mau tau apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

Masalah Pada Solar Panel Listrik Rumah

  1. Permukaan Solar Panel Kotor 

Permasalahan yang paling sering terjadi adalah permukaan panel surya yang kotor. Ini wajar terjadi mengingat lokasi pemasangan yang berada di luar ruangan. Kelebihan panel surya ini dapat mudah dibersihkan jika tidak terdapat jenis kotorang yang perlu penanganan khusus.

Bila permukaan kotor akibat debu, maka air hujan bisa jadi salah satu solusi untuk membersihkan bidang yang kotor, Namun, untuk beberapa jenis kotoran seperti getah, kotoran hewan, jejak siput dan lainnya perlu penanganan khusus untuk membersihkannya. 

  1. Solar Panel Listrik Rumah Retak 

Keretakan pada permukaan panel surya dapat disebabkan karena faktor cuaca maupun panel surya itu sendiri. Misalnya, saat produksi listrik terdapat kelebihan muatan atau masalah pada sistem pengiriman daya pada rangkaian listrik. Kelebihan panel surya, daya tahan panelnya sendiri terjamin dan memiliki garansi bila anda membeli ditempat resmi yang memberikan garansi

  1. Gangguan pada Titik Panas (Hot Spot)

Titik panas (Hot spot) adalah titik pada panel yang kelebihan beban. Dengan kata lain, pada hot spot terdapat pengumpulan panas secara tidak wajar. Hal ini disebabkan oleh sambungan solder buruk atau kerusakan struktural sel surya. 

Sambungan solder buruk ini menyebabkan tingkat resistensi rendah di bagian panel yang menerima daya. Oleh karena itu, tegangan dapat naik mengarah ke hot spot pada sel surya. 

Hal ini dapat menurunkan performa dan umur panel surya, korsleting, bahkan hingga kebakaran jika tidak ditangani dengan benar. 

  1. Kerusakan Akibat Potential Induced Degradation (PID)

Perubahan tegangan atau fluktuasi dapat menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan panel surya. Biasanya, tegangan dan kebocoran arus menjadi faktor turunya tegangan output pada panel surya. 

Pada umumnya, panel surya perlu dihubungkan dalam rangkaian panjang untuk memproduksi tegangan yang tinggi. Perbedaan antara ranga ground dan sel surya bisa terlalu berat untuk ditangani oleh sel surya yang berkualitas kurang baik atau usang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *