Cara Memilih Solar Panel Terbaik di Indonesia

Posted by

Panel surya atau solar panel adalah salah satu alternatif yang menjanjikan untuk mendapatkan energi demi kebutuhan sehari-hari. Tapi dari beberapa jenis solar panel dan begitu banyak perusahaan yang menawarkan, Anda tentu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan pilihan. Ini dia cara memilih solar panel terbaik di Indonesia.

Pahami Perbedaan Solar Panel Berdasarkan Bahannya

Ada beberapa jenis solar panel yang berbeda berdasarkan material pembuatnya yang bisa membantu Anda memilih. Jenis solar panel berbahan dasar monokristalin adalah solar panel dengan tingkat efektivitas paling tinggi karena terbuat dari bahan kristal utuh. Oleh sebab itu, harganya cukup mahal.

Tingkat efisiensi dari solar panel berbahan monokristalin ini bisa mencapai 15-20 persen. Jika Anda sedang mencari solar panel dan Anda memiliki ruang terbatas sebagai tempat memasang solar panel, bahan monokristalin ini adalah pilihan yang tepat.

Bahan kedua yang lebih murah dibandingkan monokristalin adalah solar panel berbahan polikristalin. Berasal dari leburan kepingan silikon, yang lalu dibuat menjadi potongan panel. Tingkat efisiensi polikristalin lebih rendah dari monokristalin, yaitu 13-16 persen.

Tapi perbedaan tingkat efisiensi itu bisa diatasi dengan memperbanyak jumlah panel. Jadi jika Anda tidak memiliki dana yang cukup, tapi memiliki ruang yang banyak, solar panel berbahan polikristalin patut anda jadikan pilihan.

Cari Tahu Spesifikasi Solar Panel

Ketika membeli solar panel, Anda perlu mengetahui detail spesifikasi seperti tingkat toleransi listrik. Jika solar panel mencantumkan 100wp, dan tingkat toleransi listrik adalah 5%, makan Anda akan mendapatkan 95-105 wp. Banyak produsen yang tidak mencantumkan hal ini, jadi Anda harus lebih proaktif menanyakan sendiri.

Solar panel terbaik di Indonesia memiliki watt peak sampai 450 wp. Walaupun begitu, solar panel yang umum dijual biasanya berkekuatan antara 5-250 wp. Tingkat watt peak ini tentu harus Anda pertimbangkan dengan baik. Seberapa besar watt peak yang Anda butuhkan harus sesuai dengan seberapa besar ketergantungan Anda terhadap solar panel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *