Manfaat Mesin Print UV Flatbed

Posted by

Banyak metode cetak yang saat ini digunakan dalam industri media, seperti cetak banner, cetak baliho, cetak kartu nama, cetak kartu ID dan sebagainya. Salah satu metode cetak yang banyak memberikan kelebihan adalah cetak memakai mesin print UV flatbed dimana saat cetakan memakai media keras dan hasilnya sangat memuaskan. 

Manfaat mesin cetak printer UV flatbed 

  1. Mampu mencetak Hampir semua bahan dasar cetakan
    Mesin cetak UV flatbed bisa mencetak di bahan kasar seperti plastik, kaca dan logam bukan hanya pada kertas tebal dan tipis saja karena pada dasarnya mesin tersebut telah dikombinasikan dengan tinta khusus UV dan cahaya UV sebagai pengatur permukaan. Bahan yang sukar sekalipun tetap bisa dicetak secara maksimal hanya saja untuk kebutuhan jumlah tintanya bisa lebih banyak atau sedikit. 
  2. Bekerja lebih Cepat daripada Printer Konvensional

Potensinya untuk mencetak lebih sigap karena menggunakan teknologi yang lebih bagus dibandingkan dengan mesin cetak biasa. Tinta akan lebih cepat mengering yang diakibatkan dari proses foto mekanis. Karena sifatnya cepat maka Anda mampu menyelesaikan lebih banyak media cetakan dalam waktu cetakan yang relatif singkat.

  1. Biaya terjangkau

Sistem cetak dengan mesin printer UV pada print UV flatbed lebih menghemat ongkos karena dengan sekali bekerja Anda bisa mengeringkan tinta dalam waktu tercepat. Dengan sistem tersebut maka jumlah cetakan akan makin banyak, waktunya mengeringkan lebih maksimal cepat dan jumlah pelanggan makin puas.

  1. Hasil lebih memuaskan
    Hasil cetak dengan mesin UV lebih memuaskan karena dicetak memakai sinar UV yang detil ketajaman warna menempel maksimal. Secara kualitas, memang mesin UV berharga mahal tapi sebanding dengan gradasi warnanya yang akurat. Warna yang bagus adalah warna hasil cetakan sesuai dengan warna pada desain mulanya.

Mesin print UV flatbed telah banyak digunakan untuk media akrilik, kaca, logam, atau kayu. Ada yang hasil cetakannya samar-samar karena ditentukan dari settingan komputernya dan ketersediaan jumlah tinta yang ada. Jika stok tinta mesin UV nya mulai tiris maka lampu indikatornya akan mulai memberikan sinyal. Di bagian komputer juga akan terlihat persentase stok tinta mulai menipis. Mesin UV flatbed tidak boleh sampai kehilangan total tinta, minimal tinta diisi ulang ketika telah mencapai stok 30% agar mesin tidak ngadat. Perhitungan cetakan memakai mesin UV adalah panjang, lebar dan jumlah muka bahan cetakkan.

Cetakan 1 muka dengan 2 muka memiliki harga yang berbeda, ditambah juga dengan luas areanya. Harga setiap bahan berbeda, ada yang Rp. 45 per 1 cm dan juga lebih mahal. Waktu pengerjaan rata-rata butuh 3 hari kerja dimana jumlah yang dicetak 10 pcs ukuran stAndar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *